STUDI KASUS
: CLUB MEDITERANIAN, MANFAAT EKONOMI BAGI NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG
Berdasarkan dari apa yang di ajarkan dalam mata kuliah Ekonomi Pariwisata bahwa kegiatan pariwisata dapat menimbulkan efek berganda bagi lingkungan sekitar, termasuk dalam pembangunan Club Med. Efek tersebut dapat di rasakan langsung maupun tidak langsung oleh masyarakat sekitar. Penambahan wisatawaan dapat meningkatkan pendapatan suatu daerah. Kegiatan pariwisata akan terasa medatangkan manfaat pada penjualan, keuntungan, lapangan kerja, pendapatan pajak dan penghasilan dalam suatu daerah. Sayangnya Club Med memberikan kelebihan dari akomodasi hotel lainnya, seperti menyediakan berbagai fasilitas dan atraksi unik dengan tema yang berbeda setiap harinya, sehingga para tamu yang datang cenderung untuk menghabiskan waktunya untuk menyaksikan atraksi tersebut. Di tambah lagi di dalam village tersebut terdapat butik yang menyediakan berbagai pakaian dengan logo Club Med itu sendiri dan tamu yang datang cenderung memilih barang-barang butik tersebut sebagai konsumsi mereka sendiri ataupun sebagai buah tangan, bukan dari mereka yang berjualan di daerah sekitar. Selain itu Club Med menyediakan paket tur wisata suatu daerah di mana Club Med itu berada tentu saja seorang GO ( Gentil Organisateur ) yang menanganinya bukan melakukan kerja sama dengan Usaha Perjalanan Wisata daerah sekitar.
Dari sistem kepegawaian yang di anut oleh Club Med juga dapat menjadi
pendapatan bagi daerah sekitar. Mereka memiliki GO yang akan tinggal di daerah
tersebut selama periode kerja mereka, sehingga dapat di pastikan bahwa mereka
akan mengkonsumsi yang di buat atau diolah oleh daerah sekitar. Di lihat dari
sistem pembayaran Club Med yang include
artinya tamu membayar dengan harga paket yang
berarti tamu tersebut akan dengan bebas makan, minum dan menikmati fasilitas
dengan sepenuhnya. Oleh karena itu Club Med mematok harga yang mahal dan itu di
bayarkan per orang bukan berdasarkan kamar yang di sewa. Sistem pembayaran
seperti ini yang membuat tamu tidak banyak melakukan perjalanan karena mereka
sudah membayar dengan mahal dan pastinya ingin merasakan hasil yang sesuai dengan
apa yang mereka bayar. Club Med juga memberikan kesempatan terhadap
pedagang-pedagang retail di daerah sekitar dengan di perbolehkan untuk membuka
dagangan di dalam village dalam hari dan jam tertentu, yang dinamakan dengan Traditional
Market Day , program ini dapat
membantu pedagang-pedagang sekitar untuk menjajakan barang dagangannya yang
tentu saja akan berdampak pada kehidupan perekonomian mereka.
Secara singkat, manfaat dan masalah ekonomi
yang ditimbulkan dari Club Med terhadap negara dengan perekonomian maju (
seperti Italia dan Amerika Serikat ) dan negara dengan perekonomian sedang
berkembang adalah :
a. Negara dengan perekonomian maju (Seperti Italia dan Amerika Serikat)
Manfaatnya yaitu
Adanya tujuan wisata yang baru yang dapat di kunjungi oleh masyarakat, pengembangan wilayah - wilayah pedesaan, menjadi tempat tujuan wisata, pariwisata menjadi salah satu sumber devisa, identifikasi merek kuat, dan meningkatkan nilai tukar mata uang lokal terhadap mata uang asing sehingga dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar.
Masalahnya yaitu
Harga yang tinggi, yang berakibat berkurangnya kunjungan ke tempat tujuan wisata, perkembangan yang naik turun membuat tidak stabilnya penghasilan yang di dapatkan, Tidak meratanya perbaikan setiap tempat membuat perkembangan tidak merata di setiap tempatnya.
b.
Negara dengan
perekonomian sedang berkembang
Manfaatnya yaitu
Pariwisata menjadi salah satu penghasil devisa, berkembangya pariwisata di negara - negara bekembang, sebagai salah satu sarana promosi tujuan wisata di negara - negara berkembang.
Masalahnya yaitu
Posisi Club Med yang tidak stabil, bisa menghambat perkembangan pariwisata, Citra Club Med yang tidak jelas, mengurangi minat pengunjung, ketidakjelasan profil konsumen, membuat target pasar yang tidak jelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar